Beritacom – Serang – Aktivis Relawan Perempuan Indah damayanti Turut membersamai agenda Sosialisasi Mitigasi Bencana di desa anyer. Program ini diinisiasi oleh BNPB bekerjasama dengan the world bank. Indah Damayanti adalah sosok Fasilitator Desa yang juga seorang tokoh Aktivis Relawan. Kamis (07/12/2023).

Indah damayanti dalam statmentnya mengatakan bahwa Mitigasi Bencana adalah aspek penting untuk masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana. Anyer adalah lokasi atau daerah yang rawan bencana sehingga sangat penting bagi masyarakat setempat untuk memahami apa itu mitigasi bencana, caranya gimana, dan langkahnya gimana. Karena bencana itu adalah kejadian alam yang bisa ditebak dan tidak bisa ditebak dan juga tidak ada di kalender dan tersecdhule.

Tujuan dari sosialisasi ini adalah meminimalisir dampak korban jiwa pada setiap jenis bencana alam yang berpotensi terjadi. masyarakat sejak dini harus diberikan edukasi dan sosialisasi dalam hal kesiapsiagaan bencana secara masif dan bertahap. Sehingga ketika suatu saat nanti terjadi bencana sudah mengerti apa saja yang harus dilakukan.

“harapannya dari sosialisasi ini masyarakat dapat memahami beberapa hal kesiapan dalam mengatasi masalah yang akan terjadi Seperti menyelamatkan diri ke tempat-tempat yang lebih tinggi yang sudah disiapkan , memahami kondisi bangunan hunian, memetakan kondisi bangunan hunian yang memiliki struktur tahan gempa imbuh,” Indah Damayanti.

Kegiatan sosialisasi ini akan berkepanjangan hingga praktek mengajak masyarakat anyer untuk sama sama peduli terhadap lingkungan karena kita akan mengadakan Sosialisasi ke masyarakat pesisir pantai, penanaman 100 pohon, sama gerakan beach clean. (Resky)