Beritacom – Sumbawa – Dalam Rangka Mendukung Gerakan Nasional “Bangga Buatan Indonesia” GERNAS BBI serta upaya melakukam promosi potensi ekonomi kreatif daerah Khusus nya sektor Fashion & Seni serta megembangkan kreatifitas designer & seniman se NTB yang digelar oleh kepanitiaan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Kamis (18/05/2023) di area lapangan pacuan kuda angin laut Desa Penyaring zkecamatan Moyo Utara – Sumbawa NTB.

Mengangkat Konsep event SAMOTA HORSE RACING FESTIVAL 2023 yaitu meggelar Festival FASHION SHOW KAIN TENUN KHAS SUMBAWA yang melibatkan penampilan seluruh Kepala Desa dan para istri (Pasangan) diwilayah Kota Sumbawa sebagai pesertanya.

Salah satu peserta Fashion show yakni Rusman Akang (Selaku Kepala Desa Jorok Sumbawa) mengatakan, Kami dari perwakilan desa Jorok kecamatan Unter Iwis Sumbawa merasa bangga dapat turut berpartisipasi dalam event SAMOTA HORSE RACING FESTIVAL 2023.

Tahun ini harapan kami kota Sumbawa kedepan dapat lebih maju berkembang baik dalam meningkatkan SDM masyarakat sekitarnya serta kearifan lokalnya dalam mencintai produk – produk UMKM kota Sumbawa seperti contohnya pada malam hari ini kami sengaja tampil untuk mengangkat kreatifitas kain tenun khas Sumbawa,l.

Semua rangkaian kegiatan ini tujuannya demi peningkatan destinasi wisata, keinginan hasil kreatifitas Kain tenun khas daerah kota sumbawa ini harus lebih dikenal masyarakat luas secara nasional maupun internasional semoga tahun depan kegiatan ini dapat dilaksanakan kembali dengan sistem kerjasama kepanitiaannya yang lebih baik lagi dan lebih terbuka luas hingga dapat melibatkan seluruh elemen didalamnya agar kualitas dan potensi hasil kreatifitas masyarakat kami kedepan dapat tergali dengan lebih maksimal dan sempurna,”ungkap Rusman Akang.

Abdul Wahab (Kepala Desa Penyaring Sumbawa) selaku Tuan Rumah Kegiatanpun menyampaikan, kami merasa bahagia sekali karena wilayah kami yang memang dikenal situasinya disini sangat sepi yang memang jauh dari keramaian kota hingga tidak menyangka suasana malam hari ini begitu ramai karena di hadirkan seluruh masyarakat dan tamu yang hadir dari luar termasuk kehadiran seluruh kepala Desa sekota sumbawa sebagai peserta lombanya dan ini kebanggaan tak terhingga bagi kami karena wilayah kami telah di percaya oleh panitia penyelenggara sebagai tuan rumah dalam Event SAMOTA HORSE RACING FESTIVAL 2023 Tahun Ini,”ucap Abdul Wahab.

Rangkaian acarapun dipadukan dengan Talk Show (Ngobrol Literasi Keuangan Bersama OJK dan IJK) narasumber Muhammad Abdul Manan (Kepala SUB Bagian Pengawasan IKMB dan Pasar Modal Provinsi Nusa Tenggara Barat) serta rangkaian kegiatan acarapun ditutup dengan hasil pengumuman pemenang dan tarian daerah serta lagu lagu Khas Sumbawa. (Adela)