Beritacom – Cirebon – Layanan Green Service Polresta Cirebon dalam pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon, di Upgrade. Peningkatan Layanan Green Service yang di Launching sejak Setahun yang lalu tersebut turut dihadiri Forkompimda Kabupaten Cirebon dan sejumlah tamu undangan lainnya, Selasa (5/9/2023).

Kapolresta Cirebon, Kombes Polisi Arif Budiman mengatakan, dalam Upgrading tersebut Layanan Green Service yang semula hanya memiliki dengan 10 Bank Sampah, dan saat ini sudah memiliki 27 Bank Sampah. Sehingga penanganan sampah di Kabupaten Cirebon semakin berjalan maksimal.

Dalam layanan Green Service tersebut masyarakat dapat membayar biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam pembuatan SIM dan SKCK menggunakan sampah plastik. Selain itu, masyarakat mendapatkan layanan prioritas tanpa mengantre dan lainnya.

“Tetapi bukan membawa sampah plastiknya secara langsung, melainkan menabung sampah plastik ke Bank Sampah yang terdapat diseluruh wilayah Kabupaten Cirebon. Hasil tabungannya yang digunakan untuk pembayaran PNBP pembuatan SIM dan SKCK di Satpas Polresta Cirebon,” kata Kombes Polisi Arif Budiman.

Menurutnya, jika saldo Bank Sampah telah mencukupi untuk membayar PNBP pembuatan SIM mau pun SKCK, maka petugas Bank Sampah akan memberitahu Polresta Cirebon dan menghubungi Nasabah untuk waktu kedatangannya ke Satpas Polresta Cirebon.

Pasalnya, Nasabah Bank Sampah tersebut akan mendapatkan layanan prioritas di Satpas Polresta Cirebon. Sehingga mereka bakal mendapatkan banyak keuntungan dalam layanan yang diinginkannya dari mulai tempat duduk prioritas, tanpa antre, tanpa uang, dan dipastikan lebih cepat.

“Kalau hari ini sampah plastiknya baru dapat 4 kilogram atau 1 kilogram sekali pun tidak ada masalah, yang terpenting terus – menerus menabung di Bank Sampah sampai dengan saldonya mencukupi untuk pembayaran PNBP dalam pembuatan SIM mau pun SKCK,” ujar Kombes Polisi Arif Budiman.

Ia mengatakan, layanan tersebut di Launching untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan sampah plastik. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli lagi dalam menjaga keindahan, kelestarian, dan ekosistem alam khususnya dari pencemaran sampah plastik, tutur Kombes Polisi Arif Budiman.

(PujiĀ Alisnawati).